Yakin Gak Mau Kenal Lebih Dekat Dengan Tim Sepakbola Kroasia?

Secara mengejutkan Kroasia berhasil melaju ke final Piala Dunia 2018. Setelah mengalahkan Inggris dalam semifinal yang menegangkan, mereka akan menghadapi Perancis yang telah lolos terlebih dahulu ke gelaran Final.

Kemenangan atas Inggris boleh dibilang sangatlah emosional. Jelang semifinal lawan Inggris, Kroasia dipandang enteng. “Kami membuktikan satu hal yang sangat bertolak belakang dari yang dipikirkan orang-orang. Terutama jurnalis dan pundit Inggris yang mengatakan kami akan kelelahan akan tetapi omong kosong itu sama sekali tak terbukti,” tutur Modric dalam wawancaranya dengan ITV.

Sembari mereka mempersiapkan diri untuk bertanding memperebutkan kemenangan, gak ada salahnya kamu mengenal lebih dekat mengenai tim sepakbola Kroasia.

Negara dengan Jumlah Penduduk Terkecil Kedua Yang Berhasil Masuk ke Final Piala Dunia

Menurut Bank Dunia, Kroasia memiliki penduduk sebanyak 4,1 juta jiwa. Angka ini menjadikan Negara Balkan ini sebagai negara dengan jumlah penduduk terkecil kedua yang berhasil melaju ke babak final Piala Dunia.

Hanya Uruguay, yang menang pada Piala Dunia 1930 dan 1950 yang bisa ‘mengalahkannya’, negara ini hanya punya 2,2 juta penduduk di tahun 1950, dan saat ini memiliki 3,4 juta penduduk.

Pemainnya Dijagokan Raih Ballon d’Or

Luka Modric, pemain Kroasia dengan nomor punggung 10 diunggulkan untuk mendapatkan Ballon d’Or setelah membawa negaranya ke final Piala Dunia. Namun pemain ini tidak terlalu mempentingkan hal itu, saat ini dia hanya peduli dengan pertandingan berikutnya

Jika nantinya Modric berhasil mendapatkan Ballon d’Or dia akan mengakhiri dominisi Messi dan Ronaldo dalam perebutan penghargaan ini.

Punya Skuat Yang Lebih Matang dari Prancis

Berbeda dengan Prancis yang didominasi pemain muda, kesebalasan Kroasia memiliki pasukan yang lebih siap. Prancis memiliki rata-rata usia pemain 26,1 tahun sedangkan Kroasia 28 tahun.

Kroasia ‘Diunggulkan’ Siklus 20 Tahun Sekali

Boleh percaya boleh tidak, tapi Piala Dunia memang erat dengan hal yang berbau klenik. Salah satunya adalah juara baru akan terlahir setiap 20 tahun sekali. Semenjak 1958 saat juara dunia adalah Brasil, per dua dekade akan muncul juara baru.

Pada tahun 1978, 20 tahun setelahnya, Argentina pertama kali berhasil menjadi juara dunia. Setelahnya pada 1998, giliran Prancis yang mengangkat trofi untuk pertama kalinya.

“Tahun ini giliran kami. Kami sudah menantinya hampir sepanjang umur kami,” kata jurnalis Kroasia Davor Petrovic ketika diwawancara Four Four Two kemudian tertawa.

© 2017 Urbanlife.id