Zohri Menang, Jokowi Janjikan Rumahnya Akan Direnovasi

Lalu Muhammad Zohri sukses mengharumkan nama bangsa, pemuda asal Lombok, Nusa Tenggara Barat ini berhasil menjuarai kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 yang digelar di Tampere, Finlandia.

Pencapaiannya ini mendapat perhatian dari presiden Joko Widodo, atau Jokowi. Usai menghadiri peringatan Hari Koperasi ke-71 di Indonesia Convention Centre, BSD City, Tangerang, Banten pada Kamis (12 Juli 2018) Presiden menyatakan kebanggaannya atas prestasi ini.

“Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang dan bangga,” kata Presiden

“Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi kita dapat melihat bagaimana Zohri tidaklah diperhitungkan sama sekali.”

Pencapaian ini diyakini Presiden akan menjadi modal penting Indonesia untuk berjaya di Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang.

Tidak hanya mengucapkan selamat, seperti dikutip dari Biro Pers Kepresidenan, Jokowi juga memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakat Basuki Hadiuljono untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok.

Zohri berasal dari keluarga sederhana yang berada di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Awalnya, pemuda satu ini tidak diunggulkan bahkan berstatus sebagai pelari cadangan, tidak ada yang menyangka dia akan finis di urutan pertama dan mengalahkan Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat, Thembo Monareng asal Afrika Selatan, dan Dominic Ashwell dari Inggris. Dia berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik.

Catatan waktu ini berhasil memecahkan rekor nasional junior 100 meter putra atas namanya sendiri 10,25 detik dan hampir melampaui rekor nasional yang dicetak oleh Suryo Agung Wibowo, 10,19 detik.

“Terima kasih atas doa Bapak Presiden dan seluruh rakyat Indonesia,” ucap Zohri dalam video yang diperoleh dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

© 2017 Urbanlife.id